Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘Ikan Raksasa’

Woooooow BUGIL Men!!

koran-ikan-pari1

Harian JE edisi 11 November 2008

| Postingan Out Off Attribute to Cartoons. |

Sebuah headline di Harian Jambi Ekspress membuat konsentrasi kerja saya buyar, apa pasal? Koran itu memuat satu berita tentang ikan pari raksasa, yang ditemukan seorang warga asal Muarabulian sekitar pukul 22.00 WIB, Minggu malam (9/11) lalu, seekor Ikan Pari raksasa dengan berat lebih kurang 200 kilogram, terjaring seorang petani kerambah ikan bernama Amri (41), Ketua Rukun Tetangga (RT) 01, Desa Kubu Kandang Laut, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari.

inspirasipakde-ikan

Pak RT yang beruntung itu.

Bang Jay, Thanks Fotonya Ya

Penangkapan Ikan Pari raksasa itu dilakukan secara tidak sengaja. Awalnya, malam itu Amri tengah menjaga keramba Ikan nila miliknya di Sungai Batanghari yang berada tepat di depan rumahnya. Lalu, ia bermaksud memeriksa sebuah krung (jaring ikan) yang ia pasang dekat keramba-keramba miliknya. Alangkah terkejutnya Amri saat mengangkat krung, yang tiba2 terasa berat, ternyata krung nya berisikan seekor Ikan Pari raksasa dengan diameter lebar badan dari samping panjang sekitar 3 meter, lebar 2 meter. Bisa untuk makan-makan satu komplek nih…sayangnya ternyata masih berkembang mitos2 miring yang mengerikan. Wake up woy ini jaman modern masih aja ngurusin mitos. Orang di kasih rezeki koq ditanggapi sebagai mitos. Aneh!

Pada malam itu Amri langsung minta bantuan warga sekitar untuk mengangkat Ikan Pari tersebut. Menurut Amri Ikan Pari ini terjebak saat mengejar ikan-ikan kecil yang berada di dalam jaring. Karena ukurannya sangat besar, makanya tidak bisa keluar dan terjebak di dalam krung. Malang benar nasib ikan pari itu sampai terjebak dalam krung ya…Tpi beruntung Pak Amri, menukar ikan kecil dalam keramba apung dengan Ikan Pari Raksasa. Bapak dua anak ini mengaku sebelumnya tak pernah mendapat firasat apapun. Penemuan Ikan Pari ini merupakan rezeki bagi Amri dan keluarga. Ikan Pari ini rencana akan ia jual untuk biaya hidup keluarga dan biaya sekolah anaknya. Catatan ini di lansir dari infojambi.com.

Jam 09:30 saya menuju TKP. Berbekal camera. Plus Guide yang sama2 belum paham Muarobulian, namanya Eko Mareg. Jarak tempuh dari Sipin menuju Kubu Kandang Laut sekitar satu setengah jam, maklum belum hapal bener daerah ini, jadi banyak nanya beberapa warga di sekitar Muarabulian. Saat ngobrol dengan beberapa warga, diantara mereka ada yang tahu cerita pari raksasa, namun tak sedikit juga yang belum ngeuh.

Penasaran sekali sebenarnya… kok ada ikan pari di Sungai Batanghari.
Apakah memang ikan ini umum ada di sungai-sungai di Sumatra? Atau hanya ada di Sungai Batanghari saja? Saya pernah baca, di Indonesia ada ikan pari air tawar dan ikan hiu gergaji air tawar di Danau Sentani Papua. Juga ada yang dari Amazone. Tapi kalau di Sumatra…??? I’ve never known before.. Apalagi sungai batanghari, jauh dari laut kan…?

Cari tahu jenis species pari yang saya lihat ini pun masih bingung, ini masuk ordo dan species yang mana ya…? dicari di tempat bang Ray mirip dengan gambar pari nomor 35. Namanya masih Pari raksasa juga. (pakde puyeng mode on). Jangan tanya beranak apa bertelor tuh ikannya ya…saya nggak melakukan penelitian sedetail itu. Nanti malah makin puyeng. Tapi kalo dari cerita temen2 di FishyForum ikan pari memang lebih mudah beradaptasi dengan air tawar.

Hari ini saya nekad, harus berhasil melihat langsung ikan pari raksasa ini, (kayak orang ngidam aja…pengen lihat ikan pari). Maklum lah baru sekarang saya mendengar kalo di air tawar ada ikan pari yang besar. Dengan keinginan yang menggebu-gebu ini saya lalui jalan aspal yang masih rapih menuju TKP, kiri kanan hutan belantara yang belum digarap, sesekali saya melihat primata semacam kera.

Selanjutnya kami jalan sampai bertemu dengan beberapa warga yang kebetulan tahu lokasi penemu ikan pari raksasa, berbekal informasi dari orang yang saya tanya itulah, kami berhasil menemukan lokasi ikan pari raksasa.

Jam 11:40 saya baru sampai di dusun Pak RT. Tedddddddduuh banget tempatnya. Kampung ini masih padat dengan pohon dukuh. Foto2 sebentar, baru menuju TKP. Sayangnya jumlah warga yang memadati TKP tingal beberapa orang. Kerepotan sendiri akhirnya nyari piguran untuk shooting Pari raksasa. Silahkan mainkan Youtube nya.



ikan-pari21

Nah, ini baru jepretan pakde


Ternyata penemuan Ikan Pari raksasa ini tak ayal mengundang perhatian warga yang berbondong-bondong untuk melihat secara langsung. Selain warga, aparat Kepolisian juga sempat hadir. Termasuk saya sendiri, Nekad nih…bela-belain bolos kerja hanya untuk mengambil gambar Ikan Pari Raksasa ini. Cantik mempesona, BUGIL pula.

Akhirnya….Pakde berkesempatan mengabadikan ikan pari Raksasa bersama beberapa warga lainnya. Setelah puas menikmati tontonan SPEKTAKULER ini, Pakde penuhi janjinya untuk ketemu calon crew yang kebetulan hari ini training pertama, telat memang. Dipikir2 ternyata lebih penting ikan pari raksasa ketimbang melatih crew baru ya…pakde..pakde…piye toh???

Bapak, Ibu, Mbak, Abang,….dan adek-adek sekalian, saya masih mikirin ikan pari itu loh….siapa kira-kira yang berminat membayar ikan itu ya…? Ada tengkulak yang berani bayar 1 juta loh…..jangan2 malah ada yang ingin membiarkan ikan itu tetep hidup sampai ukurannya semakin besar?

Haaaaaaah…. pakde tepuk jidat, (Pakde garuk-garuk kepala MODE ON!

Read Full Post »